Rabu, 15 Mei 2019

PRATIKUM 4

PEDOMAN PRATIKUM
MEMAHAMI LANGKAH-LANGKAH MEMFOKUS

1.Coba anda cari gambar/foto di media massa, (koran/majalah) yang merupakan contoh fokus statis,   bergerak dan jebakan! Tulis komentar dan perkiraan  kompisi kecepatan dan bukaan diafragma yang  memungkinkan menghasilkan gambar tersebut!

Jawaban :
 

Fokus statis :kegiatan memfokus dalam pemotretan yang obyeknya tidak bergerak, misalnya memotret pemandangan atau memotret manusia yang memang berpose. Pada pemotretan manusia, titk yang harus difokus adalah mata manusia.Yang harus dicatat, depth of field bagian jauh dari lensa  sekitar dua kali lebih panjaang daripada depth of field ke bagian dekat lensa. Dengan kenyataaan itu, kalau kita memotret orang dalaam tiga baris seperti disebut tadi, sebaiknya kita memfokus ke deret tengah, lalu geser penyetelan lensa sedikit ke baris yang depan.






  
 Fokus bergerak: Misalnya memotret atlet yang bermain tenis, atau memotret peragaan busana Kondisi ini menyebabkan pemotret terus menerus mengubah setelan fokusnya. Di sini , selective focus juga berperan yaitu dengan mengaburkan latar belakang sehingga obyek utama menonjol.

 Fokus jebakan: Menyetel fokus dengan perkiraan tanpa membidik biasanya disebut dengan preset focus.Ini dilakukan misaalnya ketika kita memotret obyek  yang akan lewat dalam waktu singkat, atau pada waktu yang tidak terduga, ataau pada keadaan yang tidak memungkinkan kita memotret dengan normal.

2.  Coba anda cari gambar/foto di media massa yang merupakan contoh berbagai jenis komposisi seperti yang telah kita pelajari. tulis komentar dan analisis anda mengenai foto tersebut!

Jawaban :

 Dalam fotografi kemampuan melihat secara fotografi berarti tidak sekedar melihat tetapi juga merasakan bagaimana benda-benda di sekeliling kita ini ada karena terang dan gelap.Bagaimana benda-benda tersebut  bisa menjadi suatu tatanan yaang bermakna.Bagaimanaa kita melihat warna-warna saling berlawanan atau justru menjadi harmonis. Belajar fotografi berarti juga harus mempelajari dasar-dasar desain, cahaya, warna dan perspektif. dan untuk bagian komposisi ini termasuk ke bagian menyimpang dari ide konvensional, dengan analisis kecepatan yang standar dan tidak mengikat siapapun.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Fotografi

FOTOGRAFI  ( Pemandangan Kota Jakarta pada malam hari )   Nama : Salma Humairo  Npm : 181102031014 email : Salmahumairo@gmail.com...